Formasi CPNS 2013: Kabupaten Anambas Sebanyak 220 Orang

Formasi CPNS 2013: Kabupaten Anambas Sebanyak 220 Orang – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas berencana akan merekrut sejumlah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2013 ini untuk memenuhi kebutuhan di pemerintahan. Jumlah kuota CPNS yang akan diterima sebanyak 220 orang. Demikian dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Anambas, Iip Ilham Firman.

“Kuota Penerimaan CPNS Anambas tahun 2013 yang disetujui oleh Pusat sebanyak 220 orang. Dengan rincian Formasi CPNS 2013 Kabupaten Anambas, formasi guru sebesar 55 persen, formasi medis sebesar 35 persen dan formasi teknis sebesar 10 persen. Selain Anambas, Kabupaten Lingga dan Natuna juga merekrut CPNS tahun ini,”kata Iip kepada media belum lama ini.

Meski mendapatkan kuota sebanyak itu dari pusat, Iip merasa apa yang diamanatkan masih ada beberapa formasi melengceng dari harapan. Misalnya, Anambas sangat membutuhan tenaga teknis yang cukup banyak, namun malah hanya diberikan jatah sebesar 10 persen. Untuk itu ia berencana akan melobi pusat untuk menaikkan kuota teknis dari 10 persen menjadi 40 persen.

“Anambas sangat kekurangan tenaga teknis terutama teknik sipil, teknik pertambangan, sarjana perikanan hingga IT untuk ditempatkan di sejumlah dinas seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU), ESDM dan lain sebagainya. Sebab saat ini, banyak paket pekerjaan yang hanya ditangani oleh segelintir orang, untuk itu kalau bisa minimal 40 persen tenaga teknis yang dibuka,” harapnya.

Selain kebutuhan tenaga teknis yang mendesak, Anambas juga masih membutuhkan tenaga medis, diluar tenaga perawat dan bidan. Seperti tenaga dokter umum, dokter spesialis dan tenaga radiograp. Untuk itu ia berharap, pemerintah pusat mau mempertimbangkan kembali formasi yang telah disetujui tersebut.

“Dalam perekrutan CPNS nanti, daerah hanya berperan sebagai pelaksana, mulai dari menggandakan dan mendistribusikan soal. Sementara untuk ujian akan diselenggarakan langsung oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN), dan yang membuat soal serta memeriksa merupakan pusat. Untuk informasi lebih lanjut, mungkin sekitar bulan September mendatang akan kita umumkan,” jelas Iip. Berdasarkan hasil pendataan kebutuhan pegawai, Anambas membutuhkan sebanyak 1.800 PNS.

Saat ini, Anambas baru memiliki 1.700 orang PNS. Meski pada tahun ini baru disetujui ratusan CPNS, tapi ia berharap pada tahun selanjutnya dapat meningkat. “Agar roda pemerintahan berjalan sesuai program, jumlah ideal sebuah kabupaten minimal harus memiliki sebanyak 3.500 PNS,” tutupnya.(posmetro batam)




1 komentar - Skip ke Kotak Komentar

Unknown mengatakan...

(Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan dan jangan spam. trims

meta name="google-site-verification" content="KFIcf02axqI3gRuLTZmW4ANsh5o2rPXftZouksPsZvU" /> Formasi CPNS 2013: Kabupaten Anambas Sebanyak 220 Orang