Mungkin diantara kita banyak yang bertanya bagaimana mekanisme, apa perbedaan dan mana lebih baik antara kurikulum 2006 dengan kurikulum 2013 ini. Berikut uraian singkatnya.
Perubahan Kurikulum Pendidikan
Terbaru yang Berlaku Tahun 2013 untuk SD, SMP, SMA, SMK Kurikulum Pendidikan
ini akan digunakan di dunia pendidikan di tahun ajaran 2013-2014. Alasan dibuat
kurikulum baru untuk SD, SMP, SMA, dan SMK adalah karena kurikulum yang berlaku
terlalu padat dan tidak efisien. Banyak materi yang hanya membebani siswa dan
tak banyak digunakan dalam kehidupan nyata siswa.
Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan bagian dari strategi meningkatkan capaian pendidikan. Disamping kurikulum, terdapat sejumlah faktor diantaranya: lama siswa bersekolah; lama siswa tinggal di sekolah; pembelajaran siswa aktif berbasis kompetensi; buku pegangan atau buku babon; dan peranan guru sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan.
Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan bagian dari strategi meningkatkan capaian pendidikan. Disamping kurikulum, terdapat sejumlah faktor diantaranya: lama siswa bersekolah; lama siswa tinggal di sekolah; pembelajaran siswa aktif berbasis kompetensi; buku pegangan atau buku babon; dan peranan guru sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan.
Orientasi Kurikulum 2013 adalah
terjadinya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude),
keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge). Hal ini sejalan dengan amanat
UU No. 20 Tahun 2003 sebagaimana tersurat dalam penjelasan Pasal 35: kompetensi
lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah
disepakati. Hal ini sejalan pula dengan pengembangan kurikulum berbasis
kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi
sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu.
Sejumlah hal yang menjadi alasan
pengembangan Kurikulum 2013 adalah (a) Perubahan proses pembelajaran [dari
siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu] dan proses penilaian [dari
berbasis output menjadi berbasis proses dan output] memerlukan penambahan jam
pelajaran; (b) Kecenderungan akhir-akhir ini banyak negara menambah jam
pelajaran [KIPP dan MELT di AS, Korea Selatan]; (c) Perbandingan dengan
negara-negara lain menunjukkan jam pelajaran di Indonesia relatif lebih
singkat, dan (d) Walaupun pembelajaran di Finlandia relatif singkat, tetapi
didukung dengan pembelajaran tutorial
Sumber : http://blog-wandi.blogspot.com/2012/11/kurikulum-sd-smp-smu-smk-2013.html
0 komentar:
Posting Komentar
Berkomentarlah dengan sopan dan jangan spam. trims