Semoga bermanfaat..
PROGRAM
TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama
Sekolah : .SMP NEGERI 1
PERBAUNGAN
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas /
Semester : VII / 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
KET
|
|
1. Memahami
lingkungan kehidupan manusia
|
1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk
muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
|
Bentuk-bentuk muka bumi.
Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen
Gejala diastropisme dan vulkanisme
Gempabumi
Pelapukan
Erosi
Sedimentasi.
Dampak positif dan negatif dari
tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangan-nya.
|
|||
1.2.Mendeskripsikan
kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.
|
Pengertian dan kurun waktu
pra-aksara
Jenis-jenis manusia Indonesia yang
hidup pada masa pra –aksara
Perkembangan kehidupan pada
masa pra-aksara.
Peninggalan –peninggalan kebudayaan.
Kedatangan nenek moyang dari Yunan
tersebar di Nusantara.
|
||||
2. Memahami
kehidupan sosial manusia
|
2.1 Mendeskripsikan interaksi sebagai
proses sosial
|
Penegertian interaksi sosial.
Kaitan interaksi sosial dengan
proses sosial.
Pengaruh interaksi sosial terhadap
keselarasan sosial.
|
|||
2.2 Mendeskripsikan sosialisasi
sebagai proses pembentukan kepribadian
|
Pengertian sosialisasi
Faktor yang mempengaruhi
sosialisasi.
Fungsi sosialisasi dalam
pembentukan kepribadian.
|
||||
2.3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk
interaksi sosial
|
Syarat-syarat terjadinya interaksi
sosial.
Bentuk-bentuk interaksi sosial
(antar individu dengan individu,
antar individu dengan kelompok,
dan
antar kelompok dengan kelompok)
|
||||
2.4 Mengurai-kan proses interaksi sosial
|
Proses sosialasosiatif
Proses sosialdisosiatif.
|
||||
3. Memahami usaha manusia memenuhi
kebutuhan
|
3.1.Mendes-krepsikan manusia
sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenui
kebutuh-an
|
Makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.
Ciri-ciri manusia sebagai makhluk
sosial dan makhluk ekonomi.
Menerapkan / Mengaplikasikan
hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang
bermoral.
|
|||
3.2.Mengidentifikasi tindakan
ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan
sehari-hari
|
Tindakan
Ekonomi manusia dalam
memanfaatkan sumberdaya ekonomi
Tindakan ekonomi yang rasional
Pengertian motif dan prinsip ekonomi
Macam-macam motif dan prinsip
ekonomi.
Penerapan/Aplikasi kegiatan /
tindakan ekonomi sehari-hari berdasar motif
dan prinsip ekonomi.
Manfaat/prinsip ekonomi dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||||
Ulangan harian
|
|||||
Ulangan tengah semester
|
|||||
Ulangan akhir semester
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ..........................
(
……………………….…………. )
NIP/NIK
: ………………..………..
|
…………,........... ........................
20 ...
Guru
Mapel IPS.
(
……………………………………. )
NIP/NIK
: ……………………………..
|
PROGRAM
TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial ( IPS )
Kelas / Semester : VII / 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
KET
|
|
4. Memahami
usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
|
4.1.Menggunakan
peta, atlas,dan globe, untuk mendapat-kan informasi keruangan
|
Pengertian peta, atlas, dan globe.
Jenis peta dan bentuk peta.
Penggunaan indeks, daftar isi,
garis lintang dan bujur, serta keterangan tepi pada peta, atlas, dan globe
untuk mencari informasi geografis pada peta.
Skala peta.
Memperbesar dan memper-kecil peta.
|
|||
4.2. Membuat sketsa dan peta wilayah yang
menggam barkan obyek geografi
|
Sketsa wilayah dan obyek geografi.
Simbol-simbol geografi pada peta.
|
||||
4.3. Mendeskripsikan kondisi geografis dan
penduduk
|
Deskripsi kondisi geografis suatu
wilayah pada peta.
Deskripsi kondisi peduduk suatu
wilayah.
Kaitan antara kondisi geografis
dengan keadaan penduduk.
|
||||
4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang
terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
|
Sifat fisik atmosfer.
Unsur-unsur cuaca dan iklim.
Tipe-tipe hujan.
Faktor yang mempengaruhi suhu
udara.
Proses terjadinya angin dan jenis-jenis
angin.
Siklus hidrologi.
Jenis-jenis air permukaan dan air
tanah.
Zona laut menurut letak dan
keda-lamannya.
Batas wilayah laut.
|
||||
5. Memahaami
perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.
|
5.1 Mendeskripsikan perkem-bangan
masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha serta
peninggalan-pening-galannya.
|
Peranan perdagangan bagimasuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha ke
Indonesia
Peta daerah yang di pengaruhi unsur
Hindu dan Buddha
Perkembangan kerajaan Hindu Buddha
(Kutai, Taruma Negara, Mata-ram kuno, Sriwijaya,Kedi-ri,Singasari, dan
Majapahit).
Peninggalan –peninggalansejarah
Kerajaan yang bercorak Hindu dan Buddha
|
|||
5.2 Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat,
kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta
pening-galan-pening-galannya.
|
Proses masuk danberkembangnya agama Islam melalui aktivitas
pelayaran dan perdagangan antara Asia Barat, India dan Cina.
Saluran-saluran Islamisasi di
Indonesia
Cara yang digunakan oleh Wali Songo/Ulama lainnya dalam menyebarkan
Islam.
Peta jalur dan daerahpenyebaran Islam
di Inndonesia
Kronologi perkembangan
kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia
Contoh peninggalan –peninggalan sejarah bercorak
Islam di berbagai daerah
|
||||
5.3 Mendeskripsikan perkem-bangan
masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa
|
Proses masuknya bangsa-bangsa Eropa
ke Indonesia
Cara-cara yang digunakan bangsa
Eropa untuk mencapai tujuannya
Reaksi Bangsa Indonesia terhadap
bangsa Eropa; perlawanan terhadap
Portugis, Spanyol
dan VOC
Mendeskripsikanperkembangan
masyarakat,kebudayaan dan
pemerintahan pada masa
kolonial Eropa
|
||||
6. memahami
kegiatan ekonomi masyarakat
|
6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi
penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik
permukaan bumi.
|
Penggunaan lahan :
Macam-macam mata pencaharian
penduduk.
Kaitan bentuk muka bumi dengan
penggunaan lahan.
Bentuk penggunaan lahan di pedesaan
dan perkotaan.
Pola permukiman penduduk (mengikuti
alur sungai, jalan dan pantai).
Kaitan bentang lahan dengan
persebaran permukiman penduduk.
|
|||
6.2.Mendeskripsikan
kegiatan pokok ekonomi, yang meliputi kegiataan konsumsi, produksi, dan
distribusi barang /jasa
|
Kegiatan
Pokok
ekonomi.
Pengertian konsumsi
Jenis barang-barang yang
dikonsumsi siswa dan keluarga
Skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan
Aspek- aspek positif dan negatif perilaku
konsumtif seseorang.
Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi
seseorang
Pengertian produksi
Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi
Macam-macam kegiatan produksi
Pengertian sumber daya ekonomi
Macam-macam sumber daya ekonomi
Etika ekonomi dalam memanfaatkan fak tor-faktor
produksi dalam kehidupan
satu uaha/bisnis
Usaha-usaha untuk mening-katkan jumlah dan
mutu hasil produksi (bidang
Pengertian dan tujuan distribusi
Sistem distribusi beserta contohnya (langsung, tidak
langsung dan semi langsung)
Penerapan kegiatan distribusi dalam perdagangan
Etika ekonomi dalam kegiatan distribusi
yang memenuhi unsur keadilan dan pemerataan.
|
||||
6.3.
Mendes-kripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat
berlang-
sungnya
proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
|
Pengertian usaha, perusahaan dan badan usaha.
Macam- macam badan usaha. (menurut pemilik
modal, lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut bentuk hukum)
Tujuan badan usaha(milik negara/daerah,
milik swasta, koperasi)
Pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam
berbisnis
Kriteria badan usaha yang
dikelola secara profesional dan manusiawi.
Peranan pemerintah sebagai pelaku dan
pengatur kegiatan ekonomi
Penerapan usaha berbinis dalam kehidupan sehari-hari
|
||||
6.4. Menggu-nakan gagasan kreatif dalam
tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan
|
Kreativitas dalam tindakan ekonomi.
Pentingnya inovasi dan syarat-syarat inovasi dalam kehidupan
sehari-hari.
Proses kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraa
Melakukan gagasan dan berlaku kreatif,
Inovatif dan kemandirian dalam kehidupan ekonomi
Praktik kreatifitas dan inovasi untuk kemandirian
|
||||
Ulangan harian
|
|||||
Ulangan tengah semester
|
|||||
Ulangan akhir semester
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ..........................
(
……………………….…………. )
NIP/NIK
: ………………..………..
|
2 komentar:
WOOW .. Thanks
ok sama2
Posting Komentar
Berkomentarlah dengan sopan dan jangan spam. trims