CARA MENGKRITIK BUKU (CRITICAL BOOK) YANG BAIK


Ada delapan (8) cara dalam mengkritik buku (critical book), Berikut Ini saya akan tampilkan beberapa cara mengkritik buku. ini adalah cara yang saya lakukan dan terbukti nilai nya gak jelek-jelek amat, ya dapat nilai A di kampus, yang mau coba silahkan.
  1. Persiapkan buku yang mau di kritik dan persiapkan juga buku pembandingnya, minimal 1 (lebih dari satu lebih baik)
  2. Ringkas buku 1(dalam hal ini kita maksutkan adalah buku yang ingin di kritik).(menjadi Bab I)
  3. Setelah diringkas, lalu dicari topik-topik yang kiranya penting untuk dikritik, mis : Buku Geografi Penduduk(Topiknya masalah Penduduk)
  4. Kita Kutip kalimat/pernyataan yang ada di topik tersebut lalu kita bandingkan dengan buku kedua(2) atau yang ke-3(jika ada).
  5. Lalu kita cari kelemahan/kekurangan serta kelebihan dari buku 1 dari buku 2 dan buku 3 (Menjadi Bab 2)
  6. Kemudian kita tarik kesimpulan dengan kata-kata sendiri saja. Contoh : Menurut saya buku Geografi Penduduk karangan Calvin Nainggolan masih memiliki kekurangan dibandingkan buku(tuliskan nama buku 2 dan buku 3). Misalnya dibagian (tuliskan topik-topik yang di kritik tadi)
  7. Jangan lupa buat daftar pustaka (biar lebih meyakinkan)
  8. Dalam pembuatan cover (sampul) jangan lupa buat nama penulis(pengarang), tahun pembuatan, jumlah halaman, dan juga nama buku tersebut
Sekian CARA MENGKRITIK BUKU(CRITICAL BOOK) YANG BAIK dari Godang Isina semoga ke delapan kunci di atas dapat membawa sobat memperoleh nilai yang baik, Semoga sukses.
-->





4 komentar:

banksoalterpadu mengatakan...

wah keren gan
makasi buat artikel nya
membantu banget

Unknown mengatakan...

yimak dulu ya sob

Unknown mengatakan...

banksoal@ ok gan sama2

Unknown mengatakan...

widodo@ ok silahkan gan

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan dan jangan spam. trims

meta name="google-site-verification" content="KFIcf02axqI3gRuLTZmW4ANsh5o2rPXftZouksPsZvU" /> CARA MENGKRITIK BUKU (CRITICAL BOOK) YANG BAIK